CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sunday, March 22, 2015

Wanita Pertama dan Utama dalam Lintasan Sejarah Islam

Assalamualaikum muslimah cantik..



Pasti kalian kenal dengan tokoh-tokoh wanita yang lagi hits di televisi, sosial media, youtube.
aktris-aktris Indonesia papan atas sampai manca negara, seperti "SNSD K-pop paling digemari remaja terkini, "Song Hye Gyo" aktris drama korea yang termasuk artis paling cantik di korea, "Pevita Pearce" pemain film hits di Indonesia, "Syahrini" yang selalu membuat sensasi, dan jargonnya selalu ditiru disetiap obrolan dikehidupan sehari-hari,  Prilly Latuconsina" pemain sinetron paling hits di Indonesia, "Paridi Sharma", pemain film Jodha Akbar, yang memiliki ratting tertinggi di pertelevisian nasional.

tapi kalian kenal gak dengan tokoh wanita dalam Sejarah Islam?
yuk kita cari tahu, dan lebih kenal dengan mereka.
sebagai seorang muslim, terutama muslimah setidaknya kita mengenal mereka sebagai pendahulu kita dalam sejarah agama islam ini.
sayang sekali kan kalau kita kenal dengan tokoh wanita terkenal saat ini, tapi tidak kenal dengan para pendahulu di sejarah Islam sebagai agama kita.

siapa aja sih mereka?

1. Wanita yang pertama kali memeluk Islam  adalah Ummu MukmininKhadijah binti Khuwailid r.a.
2. Wanita pertama yang dinikahi Rasul adalah Siti Khadijah r.a.
3. Wanita gadis pertama yang dinikahi Rasul adalah Siti Aisyah r.a.
4. Wanita yang pertama kali berkorban islam Islam adalah Asma binti Abu Bakar r.a saat ia mensuplai perbekalan untuk baginda Rasul dan ayahnya Abu Bakar Shiddiq, Asma dengan tulus mengantarkan jiwanya ke dalam bahaya.
4. Wanita yang pertama kali berhijrah ke Madinah adalah Ummu Salamah Hidun binti Abu Umayyah Al-Qurasyyiah r.a
5. Wanita yang pertama kali Syahid salam Islam Adalah Sumayyah binti Khayyah Ummu 'Ammar bin Yasir r.a
6. Wanita yang pertama kali masuk Islam dari kalanagan anak-anka di Mekkah adalah Ummu Kultsum binti Ali bin Abi Thalib r.a, istri Amirul Mukminin Umar bin Khattab r.a
7. Wanita yang pertama kali melahirkan dalam Islam adalah Asma binti Abu Bakar Shiddiq r.a saat ia melahirkan Abdullah bin Zubair bin Awwam
Wanita yang pertama kali melakukan khulu' dalm islam adalah antar Tsabit bin Qais bin Syammas dan istrinya Jamilah binti Abdullah bin Ubay.
8. Wanita yang pertama kali mengaku-ngaku sebagia nabi dalm Islam adala Suja'bintiu Suwaid bin Kahlid tak lama setelah wafatnya baginda rasul
9. Wanita yang pertama kali dihukum jilid adalah Ummu Ja'dah Al-Laitsiyyah pada masa Khalifah Marwan bin Al-Hakam
10. Wanita yang pertam kali dipotong tangan karena mencuri adalah Fatimah binti Aswad Al-Makzumiyah
11. Gadis pertama yang berhijrah adalah Ummu Kultsum binti Uqbah bin Abi Mu'ith
12. Wanita pertama yang pertam kali berbai'at darn kalangan Anshar addalah Ummu 'Aamir Al-Asyaliyah, ada pula yang berpendapat ia adalah Ummu Sa'ad Mu'hadz Kabsyah binti Rafi' dari Mazinah
13. Pertanyaan pertama yang akan diajukan kepada seorang wanita pada hari kiamat adalah shalat dan tentang pengabdian kepada suaminya
14. Guru wanita pertama adalah Asy-Syifa binti Harits Al-Qurasyiyah.
15.Muslimah pertama adalah Ummul mukminin Khadijah adalah Lubabah binti Harits Ummul Fadhl-Al-Haliyah.
16. Musnad Ummul Mukminin Aisyah r.a. yang berisi hadits-hadits mencapai 2210 hadits. Di antaranya: yang bersepakat atas keshahihannya oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim (muttafaq’alaih) mencapai 174 hadits, dishahihkan Imam Al-Bukhari 54 hadits, dan dishahihkan Imam Muslim 69 hadits
17. Hasan dan Husein dikenal dengan julukan abnaaul fawaathim (anak lelaki dari keturunan Fatimah). Sebab ibunya adalah Fatimah Az-Zahra, neneknya adalah Fatimah binti Asad, dan buyut perempuannya (nenek baginda Rasul) adalah Fatimah binti Abdullah bin Amr bin Makhzum.
18. Wanita dengan mahar pernikahannya dengan memeluk Islam adalah Ummu Sulaim binti Malhan, ibunda dari sahabat mullia Anas bin Malik r.a.
19. Wanita yang menyarankan baginda Rasul agar bertahalull pada pertistiwa Hudaibiyah adalah Ummul Mukminin Ummu Salamah r.a.
20. Istri-istri baginda Rasul di surga adalah Maryam binti ‘Imran, Asiyah binti Muzahim istri Fir’aun, dan Khadijah binti Khuwailid.
21. Wanita yang keluh kesahnya didengar Allah dari langit ketujuh adalah Khaulah binti Tsa’labah.
22. Wanita yang berhasil menipu musuh dengan menjadikan khimar (cadarnya) sebagai panji perperangan, sehingga diikuti pasukan muslimah adalah Azdah binti Harits bin Kaldah. Tipuan ini membuat musuh mengira bahwa bala bantuan kaum muslimin datang, yang membuat musuh lari tunggang langgang.
23. Wanita yang masuk Islam karena dimerdekakan Siti Aisyah r.a. kemudian murtad kembali, setelah ia kembali kepada kaumnya dan terbunuh adalah Salmah binti Malik (Ummu Zafl).
24. Wanita yang menolak untuk mencampur susu dengan air karena takut kepada Allah adalah putri ‘Ashim bin Umar bin Khattab yang dikemudian hari melahirkan khalifah yang adil lagi Zuhud yaitu Umar bin Abdul Aziz.
25. Wanita yang didaulat menjadi Sultan menggantikan ayahnya di India tahun 740 H adalah Khadijah binti Umar binti Shalahuddin Al-Beggali.
26. Wanita yang menyakiti dan merancang makar untuk menyakiti baginda Rasul adalah ‘Ishma binti Marwan dari Bani Umayyah yang dikenal sebagai aktivis munafik Madinah, ia dibunuh oleh Umar bin Adi Al-Khuthami.
27. Wanita yang dianjurkan Rasul untuk kembali kepada suaminya adalah Barirah hamba sahaya dari ‘Uqbah bin Abi Lahab istri dari Mugits.
28. Wanita Yahudi yang menebar racun ke dalam paha kambing yang dihidangkan untuk baginda Rasul dan menemui syahid adalah Ummu Dhahhak binti Harits bin Thalhah Al-‘Abdariyah.
29. Wanita terakhir yang tersisa dari kalangan Muhajirin adalah Aisyah binti Sa’ad bin Abi Waqqash yang wafat pada tahun 17 H. Ia mengatakan “Demi Allah, tidak ada yang tersisa dari keturunan Muhajirin selain diriku.”
30. Wanita yang pertama kali memperingatkan baginda Rasul bahwa terjadi gerakan masif kaum Quraisy untuk membunuh beliau adalah Raqifah binti Shafiy bin Hasyim bin Abdu Manaf. Peringatan ini yang membuat baginda Rasul berganti tempat tidur dengan Ali bin Abi Thalib.
31. Wanita yang hapal Al-Qur’an Al-Karim dan menguasai qiraah sab’ah (tujuh jenis bacaan Al-Qur’an) dan ia berahaji sebanyak 15 kali, dimana 13 kali berhaji dengan berjalan kaki pulang pergi, wanita tersebut adalah Khadijah binti Harun bin Abdullah Al-Maghribiyyah.
32. Wanita yang dijuluki oleh baginda Rasul sebagai Ummi ba’da Ummi (Ibuku setelah Bundaku) adalah Aiman binti Tsa’labah Al-Habasyiyah yang menjadi pengasuh baginda Rasul.
33. Wanita yang dijuluki ahli ibadah yang tiada tandingannya oleh Ibn Katsir adalah Aisyah binti Ibrahim bin Shiddiq yang wafat tahun 741 H
34. Makam Sayyidah Zainab di Mesir adalah Zainab binti Yahya selah seorang ahli Ibadah.
35. Wanita yang pertama kali menggagas buka bersama di Allepo (Syiria) adlaah Fatimah binti Muhammad bin Ahmad As-Samarqandi yaitu seorang alim wanita dan ahli fiqh saat kekuasaan Sultan Nuruddin.

artikel ini dikutip dari Mushaf Al-Burhan Edisi Wanita Tajwid
semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment