CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Saturday, April 18, 2015

Watu Ondo - Meru Betiri

sudah sering main, keluyuran di sekitar jember?
ada apa sih? kayaknya jember adanya itu-itu aja deh..
emang, tapi coba dieksplore lagi, dicari-cari lagi tempat yang tersembunyi yang ada di Jember.
ternyata banyak tempat yang tersembunyi malu, cukup cantik, dan epic untuk dikunjungi.

satu lagi tempat baru yang baru-baru ini lumayan banyak dikunjungi oleh para pemburu lokasi epic untuk berpetualang, dan mendekatkan diri dengan alam.
namun, tempat ini masih terbilang sangat baru, bahkan rute jalan menuju tempat itu masih cukup belantara, terbukti dengan jalan setapak menuju kesana yang masih banyak terhalangi semak berduri.
tempat baru itu adalah: Watu Ondo
Watu Ondo merupakan suatu mata air hulu, atau air terjun yang terletak di dalam kawasan TN Merubetiri, dan pintu masuk menuju Watu Ondo ini yaitu, perkebunan Karet, Blater di daerah Ambulu-Jember.

Perjalanan dimulai tepatnya 2 minggu lalu, hari sabtu tanggal 5 April
perjalanan dimulai berkumpul di double way Unej, dengan teman-teman dan kakak angkatan dari jurusan biologi. Rombongan kami sangat banyak sampai mirip praktikum lapang. haha.
nah, jalan menuju watu Ondo lumayan yah, untuk pemula seperti aku, yang biasanya kemana-mana dibonceng, jalannya licin, mungkin karena semalemnya ujan. becek gitu. tapi bisa lah dilewatin.
trus, motor kita dititipin deh di warga sekitar sana, dan ibu tempat nitipin motor itu baikk bgt.. ramah bgt.
nah kita sempetin foto bareng sebelum kita jalan sampai ke lokasi
lanjut kita jalan melewati perkebunan karet.

kemudian masuk ke kawasan padang semak.. wah pemandangan disini lumayan,epic
ternyata Watu Ondo ini masih masuk kawasan TN Meru Betiri loh, ini aku sempetin foto di plang tulisan kawasan meru betiri, mukaku uda kucel ya.. hihi


nah.. rute selanjutnya itu "kali" jadi kita harus melewati sungai, sungai, dan sungai.. dengan batu-batu yang besar. nahhh.. kesalahan besar ni, kalo ke tempat ini cuma pake sendal crocs kayak aku, bakal jatuh bangun deh, sendal gituan kan licin kalo dibuat main di air, sebaiknya pake sendal bro bro-an gitulah, sendal gunung yang safety buat main di air.


kebetulan salah satu dari kita ada yang ultah, si Vita, jadi rame-rame kita ceburin deh, tapi sama aja.. ujung-ujungnya semua ikutan nyebur dan main air.
ini temen-temen aku yang pada jomblo, dannn.. kita punya jargon.. "nekat hijab traveller" lah, "petangguh cantik" lah.. gitu ya kalo jomblo jadi agak kreatif, buat iseng-iseng menghibur diri.. haha agak miris kesannya, tapi kita ini emang cewek-cewek yang menye, tapi jadi agak setrong akhir-akhir ini. hihi.
  
ternyata watu ondo ini punya 3 air terjun, tapi kecil-kecil gitu, gak terlalu besar, dari air terjun pertama sampai yang ke tiga, letak air terjunnya semakin tinggi, karena itu mungkin disebut watu-ondo, yang artinya batu seperti tangga. nah ini dia air terjun pertama, airnya biru, tapi kalo uda ada yang masuk dan berendam disana jadi keruh gitu, mangkannya kalau mau ke watu ondo aku saranin berangkat pagi ya, biar airnya masih biru kehijauan gitu. 
 


ini air terjun kedua, tapi kecil banget, lebih mirip kubangan. hehe

nah ini dia air terjun yang lumayan besar, yaitu air terjun ke tiga. disinilah kita semua main air, bahkan mandi, nyeburin diri di dalam air. wahhh airnya seger banget. apalagi kalo kita pas dibawah kucuran air, berasa pijat refleksi.




setelah kita puas berendam di dalam air, kita semua pulang basah-basahan, tanpa ganti baju, karena kita juga gak kepikiran bawa baju ganti, tapi gak ada yang bisa nolak nyeburin diri ke air kalo uda kliatan air ijo biru gitu. pas kita pada mau balik, eh ternyata banyak yang papasan sama kita pada mau ke watu undo juga, wah ternyata meski tempat ini baru dikenal, banyak juga yang penasaran ingin tau dan main-main air disini.
gak papa sih.. boleh-boleh aja setiap ada tempat baru dijajalin, dikunjungi satu persatu ya, sama kayak aku ini, antusias bgt klo ada tempat baru, kepo banget pingin jajalin, tp pesan aku, jaga kebersihan ya, sampah-sampah bekas bekal, atau jajan dibawa balik lagi, sayang kan kalo tempat baru ini yang masih bersih, asri, jadi kotor dan hilang sifat alaminya, dan jangan lupa setiap kita masuk ke tempat baru, ucapin salam ya. setidaknya kita mengucapkan "permisi" pada alam, dan dengan tulus mengucapkan, "saya tidak berniat buruk bermain kesini, hanya ingin melihat kekuasaan dan keindahan sang pencipta"

sekian dulu ya,, cerita jalan-jalan ke watu ondo, udah agak basi sih, udah 2 mingguan yang lalu tapi baru sempet aku publish, semoga bermanfaat
silahkan berkunjung ke watu ondo, dan mengeksplore tempat epic di Jember.


1 comments:

zahwajaeckel said...

The best games with a €1,000 bonus - DrMCD
Top-rated 성남 출장마사지 slots from reputable developers at best! with a great 아산 출장안마 range of 용인 출장마사지 exciting new games to add to your list, 제주 출장마사지 including one of the best 하남 출장마사지 casino

Post a Comment